Membangun Senanya Library Managemen System (SLiMS) di Perpustakan - Seputar Informasi Menarik

Breaking

Sekumpulan informasi Umum & library sains.

Selasa, 25 Desember 2018

Membangun Senanya Library Managemen System (SLiMS) di Perpustakan

Membangun Senanya Library Managemen System (SLiMS) di Perpustakan

Sanayan Library Managemen System atau yang sering disebut (SLiMS) merupakan aplikasi Free Open Source Softwere (FOOS) berbasis web yang digunakan dalam membangun sistem otomasi perpustakaan. SLiMS merupakan perangkat lunak yang bisa digunakan dalam sistem jaringan lokal atau Intranet.  Fasilitas yang terdapat pada SLiMS begitu beragam dan sangat membantu bagi pustakawan dalam hal pengolahan dan sirkulasi.

SLiMS tidak hanya bersifat lokal, SLiMS juga bisa bersifat online, artinya bisa diakses bebas oleh siapa saja melalui jaringan internet tanpat harus berada diruang lingkup perpustakaan tersebut.

SLiMS harus dikembangkan dengan menggunakan kolaborasi beberapa perangkat lunak berbasis open source. Diantara perangkat lunak tersebut yaitu Apache digunakan sebagai web server, HTML, PHP, dan MySQL. Selain itu SLiMS juga menggunakan aplikasi open source lainnya yang digunakan dalan mendukung pengolahan manajemen perpustakan, seperti Simbio2 sebagai Framework atau kumpulan scrip coding (library) dalam membangun aplikasi SLiMS, yaitu Genbarcode dan Zenbarcode untuk membuat barcode, TinyMCE, PHPThumb, Flowplayer, ZViwer, PHPLot, PHPMailer, Jquery, AJAX, Sphinx.

SLiMS pada awalnya diproduksi oleh Pusat Informasi dan Humas Departemen Pendidikan Nasional. Terlahirnya SLiMs merupakan hasil kerja sama yang dihasilkan oleh sebagian para developer yang berasal dari jurusan Ilmu Perpustakaan yang ternama di Indonesia.  Mereka adalah Arie Nugraha, Arif Syamsuddin,  Hendro Wicaksono, dan M. Rasyid Ridho. dan yang lainya merupakan konsulntan IT yaitu Eddy Subrata , adapun  guru fisika yaitu Indra Sutriadi.

Mengembangkan SLiMS di perpustakaan perlu memperhatikan beberapa hal yaitu :

1. Mengadakan perangkat keras (Hadware) diantaranya ; komputer Server, komputer Clinet, peralatan jaringan , barcode scenner, dan sistem keamanan.

2. Mengadakan perangkat lunak (Software), dalam memilih software dapat dilakukaan berbagai cara berikut ; menggunakan aplikasi freeware, mengunakan aplikasi geratis, membeli paket perangkat lunak dengan vendor, mengembangkan sendiri (In House), atau mengembangkan dengan cara Outsourcing.

Demikianlah pembahasan tentang mengenai SLiMS yang bisa dimanfaatkan pada perpustakaan. Jika ingin lebih mendalam tentang informasi SLiMS kalian bisa membuka link dibawa ini untuk melihat artikel asli yang membahas  tentang  Membangun Sistem Otomasi Perpustakaan dengan Senanyan Library Managenen Sytemen (SLiMS), penulis Muhammad Azwar selaku dosen Jurusan  Ilmu Perpustakaan UIN Jakarta.”


Jika Artikel ini bermanfaat jangan lupa untuk di komentar yaa dan juga Subscribe Oke 

Mohon Maaf Jika Banyak Terjadi Kesalahan Dalam Penulisan ini

Tunggu Artikel Selanjutnya Ya

Terimakasih


1 komentar: