Apa ajah sih MATAKULIAH yang diajarkan di semester 5 Jurusan Ilmu Perpustakaan? - Seputar Informasi Menarik

Breaking

Sekumpulan informasi Umum & library sains.

Kamis, 01 November 2018

Apa ajah sih MATAKULIAH yang diajarkan di semester 5 Jurusan Ilmu Perpustakaan?



Apa ajah sih MATAKULIAH yang diajarkan di semester 5 Jurusan Ilmu Perpustakaan?


Apa ajah sih MATAKULIAH yang diajarkan di semester 5 Jurusan Ilmu Perpustakaan?

Oke disinih aku akan bahas tentang matakuliah di semester 5 Jurusan Ilmu Perpustakaan untuk angkatan 2016. Semester 5 merupakan semester yang bisa dikatakan cukup lelah karena banyak tugas yang akan diberikan di semester 5 ini, tapi tenang gues kalian jangan panik dan jangan pusing, tugas tergantung kita yang mengelolahnya jika kita selalu mengabaikan tugas yang di berikan para dosen makan ketika diakhir pengumpulan tugas kita pasti akan merasa lelah dan rasanya ingin gak mau kuliah lagi karena tugas yang numpuk. Tapi jika kita gak males - malesan insyallah tugas kita bakal selesai dengan tepat waktu. pokoknya jangan dibawa pusing ya!!. Segala sesuatu itu tergantung dari sudut pandang kita, jika kita pandang tugas itu dengan bahagia niscaya itu akan menjadi bahagia. Tapi jika kita merutuk tentang tugas yang selalu diberikan para dosen ya bakal jadi pusing sendiri.

Oke selanjutnya aku akan bahas Matkul yang ada di semester 5 ini 

  1. Metodologi Penelitian Kuantitatif merupakan salah satu matkul yang harus kamu pelajari di semester 5 ini, karena matkul ini merupakan dasar kamu untuk membuat skripsi yang akan datang, untuk matkul ini kamu harus belajar dengan fokus agar kamu paham dan mengerti apa yang disampaikan oleh dosen kamu nanti, karena matkul ini merupakan modal kamu nanti untuk membuat skripsi loh! Jadi belajar yang serius yahhh. Nah pada matkul metodologi penelitian kuantitatif ini, kalian nanti banyak belajar tentang teori “Metodologi Penelitian Kuantitatif”. Kalian harus punya bahan refrensi buku itu karena disitu banyak informasi mengenai matkul ini. Sangat bermanfaat gues.
  2. Manajemen Perpusatkaan merupakan matakuliah yang di pelajari disemester 5 ini, kenapa kita harus belajar matkul manajemen perpustakaan ini ? karena kamu merupakan lulusan S1 nantinya, lulusan S1 didesain khusus menjadi seorang pemimpin. Nah cocok banget bagi kamu untuk dapet matkul ini disemster 5. Disini kamu dididik agar bisa memenej atau mengelolah perpusatkaan dengan efisien dan efktif. Nah pada matkul ini kalian nanti akan di tugaskan untuk observasi kebadan atau lembaga yang manajemennya bagus untuk dapat kita ambil ilmunya.
  3. Digital Library Marketing, pada semester 5 ini kalian juga akan diajarakan matkul ini loh. Matkul ini belajar  teori dan membuat blog, seperti hal ini yang sedang aku kerjakan, membuat blog dengan isi konten yang berbeda-beda, konten yang sudah di kategorikan oleh dosen. Jadi tidak sembarang membuat blog. Di matkul ini kalian akan mendapatkan banyak ilmu mengenai blog. Pokonya kalian pada matkul ini harus selalu sedia laptop dan wifi yang kencang yah, supaya ketika sedang praktek kalian tidak tertinggal.
  4. Manajemen Rekod, matkul ini membahas tentang arsip. Disini kita akan diajarkan tentang  teori dan praktek mengelola arsip dengan benar dan tersusun. Untuk praktek kita akan ditugaskan observasi (perkelompok) kesalahsatu lembaga yang memiliki arsip statis. Tugas obser ini merupakan tugas UTS kalian loh.
  5. Tata Ruang Perpustakaan, matkul ini akan diajarkan tentang teori dan juga kalian akan mendapatkan tugas observasi (perkelompok) kesalahsatu perpustakaan yang kalian inginkan. Di matkul ini kalian akan di ajarkan tentang psikologi sarana dan prasarana perpustakaan dan juga kalian akan membuat desain sebuah perpustakaan loh.
  6. Layanan Rujukan Umum, untuk matkul ini kalian belajar mengenai teori dan praktek juga. Disini kalian akan banyak mengetahui tentang mengenai sumber-sumber yang bagus untuk menjadi bahan refrensi kamu saat mencari bahan untuk membuat makalah atau lainya.
  7. Untuk matkul yang terakhir adalah Indeks dan Abstrak, disini kalian akan belajar banyak mengenai cara membuat abstrak dan juga indeks. Untuk tugas UTS kalian akan disuruh membuat 20 abstrak dari kesepakatan kelas kamu dan untuk tugas UAS kamu akan disuruh membuat index dari 20 abstrak yang telah kamu kerjakaan. Jadi jangan males – malesan untuk membuat abstark dan indeks yah.
Jadi Total  Matakuliah disemester 5 ini ada 7 dan 20 SKS, diantarnya yaitu :
  • Metodologi Penelitian Kuantitatif (2 SKS)
  • Manajemen Perpustakaan (3 SKS)
  • Digital Library Markteing (3 SKS)
  • Manajemen Rekod (3 SKS)
  • Tata Ruang Perpustakaan (3 SKS)
  • Layanan Rujukan Umum (3 SKS)
  • Indeks dan Abstark (3 SKS)
Semoga artikel ini dapat membantu kalian yang sedang mencari informasi mengenai matkul apa saja yang dipelajari untuk semester 5 ini.
Mohon maaf jika dalam artikel ini banyak kata- kata yang typo dalam penulisan.

Jangan lupa untuk di komen dan juga subscribe yah temen – temen

5 komentar: