LPM UIN Jakarta Mengadakan Workshop “Pembelajaran Berbasis Riset” - Seputar Informasi Menarik

Breaking

Sekumpulan informasi Umum & library sains.

Minggu, 23 Desember 2018

LPM UIN Jakarta Mengadakan Workshop “Pembelajaran Berbasis Riset”


LPM UIN Jakarta Mengadakan Workshop  “Pembelajaran Berbasis Riset”

Perkembangan yang selalu berganti dengan berbagai macam perubahan, harus ada sikap yang diambil untuk antisipatif terhadap perubahan yang akan terjadi di masa depan. Dosen sebagai guru dalam pembelajaran matak kuliah di bidang masing – masing harus mempunyai inovatif yang bagus dalam menjalankan proses pembelajaran khususnya di perguruan tinggi. Karena alasan tersebut LPM UIN Jakarta menggadakan Workshop yang dilaksanan pada 16-17 November, berlokasi di Syahidda Inn lantai 6.

The Frist Day.
Narasumber yang bertindak pada acara Workshop yaitu DR. Ahmad Ridwan, merupakan dosen senior Universitas Negeri Jakarta. Beliau mempunyai latar belakang sebagai dosen mata kuliah Fisika, beliau sangat jelas dalam mengajar ketika menyampaikan teori – teori fisika dan juga ketika menyampaikan penemuan terbaru dalam ilmu fisika

Ahmad Ridwan sebelumnya beliau pernah menyampaikan materi mengenai bagaimana  melakukan proses pembelajaran berbasis riset melalui matakuliah eksakta.  Menurut perkataan beliau ciri – ciri mengajar dengan metode riset yaitu dengan cara mengetahui tokoh – tokoh mata kuliah yang diampu. Pembelajaran yang baik tidak hanya saja menekankan pada kongnitif semata, tetapi juga harus metakongnitif.  Kemampuan kongnitf hanya dapat dipahami melalui definisi dan teori dari suatu ilmu, sedangkan metakongnitif  merupakan kesadaran individu tentang bagimana seharusnya belajar, kemampuan mengaplikasi berbagai informasi yang dapat diperoleh hanya untuk mencapai tujuan, kemampuan dirinya dalam menilai kesukaran suatu masalah, kemampuan dalam mengevaluasi kemajuan belajar diri sendiri, dan kemampuan memahami tingkat pemahaman dirinya. Contoh menurut Ridwan ketika mempelajari suatu teori integral pada bindang ilmu matematika, sering kali si pengajar hanya menyampaikan rumus dan teorinya saja, tanpa mereka menjelaskan manfaat dan fungsi dari teori integral tersebut.

The Second Day,
Narasumber pada hari kedua ini adalah Prof. Dr. Muhammad Ali, merupakan Guru besar UPI, beliau juga pernah menjadi Dirjen Pendidikan Kementrian Agama. Beliau membawakan materi mengenai pembelajaran riset dalam mata kuliah Ilmu Sosial. Menurt perkataa  Beliau pembelajaran berbasis riset merupakan pembelajaran melalui pengalaman yang bermakna dan jelas nyata secara langsung dalam proses penelitian.  Gaya pembelajaran pendekatan seperti ini akan memposisikan mahasiswanya sebagai peneliti. Dengan seperti itu maka mahasiswa akan melakukan pencarian dengan cara penelitian, kemudia setelah itu mahasiswa akan menyampaikan hasil dari penelitian tersebut untuk disampaikan atas pertanyaan sebelumnya yang telah diberikan.

Dengan diadakannya Workshop pembelajaran melalui riset maka diharapkan untuk para dosen UIN Jakarta dalam mengajar, berdasarkan penemuan dan penelitian dalam bidang ilmu masing – masing.

Kalian tertarik dengan Artikel ini? Bisa langsung saja klik link dibawa


Mohon Dibukakan Pintu Maaf Jika Dalam Penulisan Ini Banyak  Kesalahan

Jangan lupa Subscribe dan Komen yahh

Terimaksih

6 komentar: