Dalam Peningkatan OJS PUSTIPANDA Melibatkan Salah Satu Dosen Ilmu Perpusatkaan. - Seputar Informasi Menarik

Breaking

Sekumpulan informasi Umum & library sains.

Senin, 22 Oktober 2018

Dalam Peningkatan OJS PUSTIPANDA Melibatkan Salah Satu Dosen Ilmu Perpusatkaan.


Dalam Peningkatan OJS PUSTIPANDA Melibatkan Salah Satu Dosen Ilmu Perpustakaan.

PUSTIPADA UIN Jakarta melakukan pembaharuan OJS. Sebelumnya Aplikasi OJS UIN Jakarta menggunakan versi lawas (2.3.6.0) dan sekarang telah di perbaharuhi mejadi versi (2.4.8-3). Pembaharuan OJS ini  melibatkan 6 orang, lima diantaranya merupakan tim PUSTIPANDA dan satu diantaranya merupakan dosen Ilmu Perpusatakaan sekaligus Kepala Perpustakaan Prof Dr. Nurcholis Madjid yaitu Azwar Muin. 


Waktu untuk melakukan peningkatan OJS pada tanggal 28-30 September 2018. Ada beberapa tahapan dalam melakukan peningkatan , sekitar 16  kali tahap dalam proses ini. Pada versi yang lama banyak fitur – fitur yang sudah tidak berfungsi lagi, seperti plugin – plugin : email, statistik, popup, responsif, setting dan lain sebagainya. Tetapi sebaliknya fitur tersebut dapat digunakan pada versi terbaru, bahkan pustipanda  untuk tema saja dia berbayar guna untuk mencegah terjadinya kejahat yang terdapat di dunia maya, seperti di hack.

Nurul Hakim merupakan ketua pustipanda, ketika itu pada tanggal 2 Desember 2018 pasca peningkatan versi aplikasi,pustipanda melakukan rapat di (RDK) bersama salah satu tim pengelolah jurnal di FAH yaitu Muhammad Azwar . Menurut ketua pustipanda mengenai OJS versi 2.4.8-3 merupakan versi terbaru yang setabil untuk digunankan, walaupun juga ada OJS versi 3.1.1-4. Pada OJS versi 3.1.1-4 kurang setabil untuk digunakan dan juga tidak direkomendasikan karena beralasan memakan sumber yang tinggi, yang tidak terlalu dibutuhkan untuk pengelollah jurnal di UIN Jakarta.

Menurut pendapat Nasrul jurnal.uinjkt.ac.id merupakan multiple jurnal baginya. Maksudnya di sini yaitu jurnal uinjkt.ac.id akan digunakan oleh seluruh pengelollah jurnal di UIN Jakarta. Dengan begitu pengelollah jurnal UIN Jakarta tidak lagi ada yang menggunakan aplikasi lain, tetapi harus menginduk ke aplikasi jurnal pustipanda.


Penganggung jawab untuk jurnal elektronik dan jurnal tercetak di UIN Jakarta adalah Lembaga Penelitian dan pengabdian Masyarakat  (LP2M), untuk  jurnal elektronik berbasis OJS pihak yang bertanggung jawab lebih dominan adalah pustipanda.

Untuk lebih lengkapnya anda bisa membaca artikel tentang "Aplikasi OJS" silakan langsung mengunjungi web dibawa ini :

 
Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang diinginkan.


Jangan lupa like and comment tentang informasi artikel ini ya kawan!!!
 
Terimakasih




2 komentar: